Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid | Natural Ways to Overcome Dysmenorrhea

Untuk para wanita, pasti pernah dong mengalami nyeri haid yang amat sangat mengganggu. Aktivitas terhambat, suasana hati menjadi kurang baik dan rasa nyeri yang sangat mengganggu yang membuat kalian tidak menyukai keadaan ini.
Akan tetapi suka tidak suka mau tidak mau, kedatangan nyeri haid tidak bisa kita hindari. Biasanya cara paling sederhana yang dipikirkan adalah dengan meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol dan obat cair yang biasanya ada di iklan-iklan televisi. Tapi ada juga yang berpikir tidak bisa meminum obat dan hanya bisa meringkuk dan menahan nyeri haid sepanjang hari.
Tapi jangan khawatir, berikut ini ada tips-tips untuk kalian, agar dapat mengatasi nyeri haid. Yuk kita simak bersama-sama.

Tips mengatasi nyeri haid secara alami.
1. Menggunakan Kompres
Penggunaan kompres di sini terbagi atas dua macam, bisa dengan kompres hangat, dan bisa juga dengan kompres dingin. kedua kompres ini memiliki manfaat masing-masing. Pertama menggunakan kompres hangat dilakukan dengan cara menempelkan kantong yang diisi dengan air hangat atau menempelkan handuk yang telah direndam di air hangat ke bagian tubuh yang nyeri dan bisa juga diikuti dengan pemijatan. dampak penggunaan kompres hangat adalah membuat otot lebih rileks karena peningkatan suhu pada area tertentu membantu proses pelebaran pembuluh darah sehingga memperlancar peredaran darah. Dengan demikian dapat menurunkan dan menghilangkan rasa nyeri. Kedua penggunaan kompres dingin dilakukan dengan cara kantong karet tadi juga bisa diisi dengan air dingin atau berisi es atau anda juga bisa menempelkan handuk yang sudah direndam di air dingin sebelumnya. Dampak penggunaan kompres dingin adalah pembuluh darah akan menguncup dan penurunan metabolik , membantu mengontrol pendarahan dan pembengkakan karena trauma , mengurangi nyeri dan menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot. Perlu digaris bawahi untuk penggunaan kompres dingin dianjurkan melakukan kompresn dingin tidak lebih dari 30 menit. Jika tidak akan menyebabkan jaringan kulit mengalami kematian sel (nekrosis).

2.  Mengatasi Haid Dengan Diet
Diet yang dimaksud di sini bukan diet untuk menurunkan berat badan, melainkan ditujukan pada pengaturan makanan. Saat sedang haid usaha tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung cafein, alkohol, gula dan soda. Saat haid perbanyak konsumsi buah terlebih yang banyak mengandung magnesium, kalsium dan zinc.

3. Relaksasi
Metode relaksasi seperti yoga dan mendengarkan musik yang lembut dapat membantu menenangkan suasana hati. Tujuannya adalah guna menurunkan tekanan darah agar diharapkan rasa nyeri dapat menurun. Hindari sementara hal-hal yang membuat anda menjadi tertekan. Dengan demikian akan semakin membantu anda mencapai relaksasi. Pilihlah kegiatan kesukaan anda masing-masing yang bisa mendatangkan relaksasi pada diri.

4. Perbanyak konsumsi Zat Besi
Saat datang haid, darah akan banyak keluar, perbanyak konsumsi zat besi untuk menghindari anemia. Makanan yang mengandung zat besi diantaranya sayur bayam, kacang-kacangan, ubi merah.







Itulah beberapa tips untuk mengatasi nyeri haid, semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid.


In English

For women, must have experienced a menstrual pain dong extremely disturbing. Activity is inhibited, the mood became less good and the pain is very annoying that make you do not like this situation.
But like it or not like it or not, the arrival of menstrual pain can not be avoided. Usually thought the simplest way is to take the medicine counter pain reliever such as paracetamol and liquid medicines that normally exist in television commercials. But there also are thought not to take medicine and can only curl up and hold menstrual pain throughout the day.
But do not worry, here are some tips for you, in order to cope with menstrual pain. Let us refer together.

Tips to cope with menstrual pain naturally.
1. Using Compress
Use compress here is divided into two kinds, can with warm compresses, and it could be with a cold compress. This compresses both have the benefit of each. First use warm compresses done by attaching a bag filled with warm water or attach a towel that has been soaked in warm water to parts of the body that are painful and can also be followed by a massage. the impact of the use of warm compresses is to make the muscles more relaxed due to the increase in temperature in a certain area helps the dilation of blood vessels thus improving blood circulation. Thus can reduce and eliminate pain. Both use a cold compress is done by the rubber bag can also be filled with cold water or ice or you can also attach a towel soaked in cold water before. The impact of the use of cold compresses is going to furl the blood vessels and decreases metabolic, help control bleeding and swelling due to trauma, reduces pain and decreases the activity of nerve endings in the muscles. It should be underlined to use cold compresses are encouraged to do kompresn cold no more than 30 minutes. If it will not cause skin tissues undergo cell death (necrosis).

2. Overcoming Haid With Diet
Diet is meant here is not a diet to lose weight, but rather aimed at setting food. When menstruating effort not to consume food or drinks that contain caffeine, alcohol, sugar and soda. When menstruation first multiply the consumption of fruits that contain lots of magnesium, calcium and zinc.


3. Relaxation
Relaxation methods like yoga and listening to soothing music can help calm mood. The goal is to reduce blood pressure so that the expected pain can decrease. Avoid while the things that make you become depressed. Thus will further help you achieve relaxation. Choose your favorite activity each of which can bring relaxation to yourself.

4. Consume Iron
When it comes menstruation, blood will be a lot out, multiply the consumption of iron to prevent anemia. Foods that contain iron include spinach, beans, red potatoes.






Those are some tips to cope with menstrual pain, may be useful and can help you to reduce the pain when menstruating.

0 comments:

Post a Comment