Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut | Natural Ways to Eliminate Breath

Kalian pasti tidak maukan mulutnya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain mempengaruhi kepercayaan diri kita dan membuat orang-orang di sekitar kira memberikan respon yang negatif dan hal ini dapat membuat orang menjauhi kita dan membuat kita malu ketika ingin berbicara. Oleh sebab itu, tidak sepantasnya bau mulut ini dipertahankan dan harus segera dihilangkan. Tapi kalian jangan khawatir, berikut ini ada tips nih buat kalian untuk menghilangkan bau mulut. Tapi sebelum itu kita harus tahu nih apa penyebab mulut kita menjadi bau. Yuk kita simak bersama-sama.

Faktor penyebab bau mulut
1. Adanya gigi berlubang atau sariawan

Gigi berlubang merupakan tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Begitu pula dengan sariawan juga mudah untuk dihinggapi kuman. Tak heran apabila kita temukan orang yang sedang mengalami gigi berlubang atau sariawan mengeluarkan bau mulut. Tak lain penyebabnya adalah bakteri yang sedang bersembunyi di daerah tersebut.

2. Kelainan atau penyakit pada orang tubuh bagian dalam

Jika sedang sakit seseorang lebih cenderung mulutnya berbau. keadaan ini disebabkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh dan  menurunnya daya tahan.

3. Kelebihan gas dalam lambung

Pemicu bau mulut lainnya adalah produksi asam lambung berlebih yang naik hingga ke tenggorokan. Contohnya ialah ketika orang bersendawa pasti mengeluarkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu kebanyakan orang menganggap bersendawa itu kurang sopan karena bau dan suara yang timbulkan.

4. Merokok dan minum alkohol

Sudah tentu asap rokok dan minuman beralkohol akan tertinggal di dalam rongga yang mulut yang pada akhirnya menimbulkan bau mulut dan nafas tak sedap.

5. Makanan berbau menyengat

Jenis makanan yang tergolong dalam hal ini adalah petai, jengkol, terasi, ikan asin, petis, dan beberapa lainnya yang patut anda hindari jika menghendaki mulut tidak berbau. Boleh saja mengkonsumsi namun tidak dalam jumlah yang banyak dan segera membersihkan mulut sesudahnya.

6. Faktor keturunan dan genetik

Kalau ini agak sulit untuk dihilangkan, karena faktor keturunan. Bisa jadi bau mulut akan timbul dari anaknya yang lahir dari keluarga dimana orang tuanya memiliki permasalahan bau mulut. Hal ini dipicu dari kesamaan jenis kelenjar ludah beberapa hormon pendukung lainnya yang terbentuk dari susunan genetik yang sama.

Sekarang kalian sudah mengetahui apa-apa saja penyebab yang menjadikan bau mulut. Berikutnya yaitu cara menghilangkan bau mulut secara alami.
Cara alami menghilangkan bau mulut
1. Menggunakan daun sirih  

Daun sirih terkenal sebagai antiseptik yang ampuh untuk mengatasi beberapa persoalan kesehatan. Beberapa wanita menggunakan daun sirih untuk keputihan. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut yaitu dengan menguyah daun sirih secara rutin. Memang bagi kalian yang belum terbiasa akan merasa tidak nyaman menguyah daun sirih.


2. Menjaga kebersihan mulut 

Menjaga kebersihan mulut cukup dengan menggosok gigi dan berkumur dengan antiseptik saja. Bila anda menghendaki antiseptik dengan bahan alami, anda dapat menggunakan air jeruk nipis maupun air rebusan daun sirih.

3.  Menghindari makanan yang berbau tajam

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, untuk sementara hindari makanan antara lain petai, jengkol, terasi, ikan asin, petis, dan beberapa lainnya.

4. Rutin menggosok gigi dan berkumur

Yang satu ini sangat wajib anda lakukan setiap harinya, agar senantiasa mulut anda bersih dan tidak menjadi tempat bersarang bagi kuman dan bakteri.

5. Jangan merokok dan minum alkohol

Sudah tentu kedua hal ini seperti yang saya sebutkan diatas menjadi faktor penyebab bau mulut. Jadi hindari hal ini demi kesehatan tubuh anda.

6. Menguyah permen karet

Tujuan menguyah permen karet adalah untuk merangsang produksi air liur, dengan demikian bakteri yang ada di dalam mulut akan mati karena air liur yang dihasilkan oleh mulut.

7. Mengkonsumsi jus jeruk atau jus nanas

Sebelum tidur, buatlah segelas jus jeruk atau jus nanas dengan air hangat. Anda bisa menambahkan satu sendok madu atau kayu manis untuk menambah rasa nikmat. Mengkonsumsi jus jeruk atau jus nanas membuat bangun pagi anda dengan napas yang segar.

Itulah tips untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian

In English

You definitely do not want to run his mouth issued a bad odor. Besides affecting our confidence and make people think about a negative response and it can make people away from us and make us ashamed when they want to talk. Therefore, this bad breath should not be maintained and must be eliminated. But do not worry, here are my tips for you to get rid of bad breath. But before that we need to know what caused my mouth to smell us. Let us refer together.

Factors that cause bad breath
1. The presence of cavities or canker sores

Cavities is a great place for bacteria to breed. Similarly, the sprue is also easy for germ infestation. No wonder when we find people who are experiencing cavities or canker sores mouth odor. Not Another cause is the bacteria that are hiding in the area.

2. The disorder or disease in the body in

If you're sick person is more likely to mouth smells. This situation is due to an imbalance of the body's metabolism and decreased endurance.

3. Excess gas in the stomach

Other triggers bad breath is the production of excess stomach acid that rises up into the throat. An example is when people burp certainly emit a bad odor. That is why most people consider it impolite burp because of the smell and noise caused.

4. Smoking and drinking alcohol

Of course smoke and alcoholic beverages will be left in the oral cavity, which in turn lead to bad breath and bad breath.

5. Food smelling

Type of food belonging in this case is the banana, jengkol, shrimp paste, dried fish, paste, and several others that you should avoid if want the mouth does not smell. It's okay to consume, but not in significant amounts and immediately clean the mouth afterwards.

6. Heredity and genetics

If this is a little difficult to remove, because of heredity. Could be bad breath will arise from the child born to families where parents have a bad breath problem. This triggered from a common type of salivary gland some other supporting hormones are formed from the same genetic makeup.

Now you have to know anything just causes that make bad breath. Next is how to eliminate bad breath naturally.
How to naturally eliminate bad breath
1. Using betel leaves

Betel leaf is famous as a powerful antiseptic to overcome some health problems. Some women use betel leaves to whitish. The same thing can be done to overcome bad breath is to chew betel leaves regularly. Indeed, for those of you who are not familiar will feel uncomfortable chewing betel leaves.

2. Maintain oral hygiene

Maintain sufficient oral hygiene by brushing teeth and rinsing with antiseptic alone. If you want antiseptic with natural ingredients, you can use lemon juice or boiled water betel leaves.

3. Avoid strong-smelling foods

As already mentioned above, to temporarily avoid foods such as banana, jengkol, shrimp paste, dried fish, paste, and several others.

4. Routine brushing and rinsing

This one is obliged to do every day, to always clean your mouth and do not become a nesting place for germs and bacteria.

5. Do not smoke and drink alcohol

Of course both of these things as I mentioned above, they cause bad breath. So avoid it for the health of your body.

6. chew gum

The goal is chew gum to stimulate saliva production, thus the bacteria in the mouth will die because of saliva produced by mouth.

7. Consume orange juice or pineapple juice

Before bed, make a glass of orange juice or pineapple juice with warm water. You can add a tablespoon of honey or cinnamon to taste delicious. Consuming grapefruit juice or pineapple juice to make your morning wake up with fresh breath.

That's tips to get rid of bad breath naturally. Hopefully this article useful for you

0 comments:

Post a Comment