Manfaat Buah Kurma | Benefits Dates

Buah kurma berasal dari timur tengah dan hanya dapat tumbuh di daerah yang beriklim panas. Walaupun tidak menutup kemungkinan bisa tumbuh di daerah beriklim tropis. Kurma memiliki bentuk yang kecil, meski begitu kurma memliki rasa yang manis. Selain manis, kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apalagi untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui. Mau tau apa-apa saja sih manfaat buah kurma. Simak artikel berikut ini:


Macam-macam manfaat buah kurma
1. Menambah Energi

Kurma mengandung glukosa yang sangat banyak dan baik bagi tubuh. satu buah kurma mengandung 1,8-2 persen, serat 2-4 %, dan glukosa 50-57 %. Kandungan inilah yang membuat kita bisa beraktivitas dan memberikan banyak energi pada tubuh kita. Selain itu, untuk ibu yang baru selesai melewati masa persalinan, di sarankan untuk mengkonsumsi buah kurma agar tenaganya dapat pulih dengan cepat.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah kurma juga dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan, karena kurma mengandung serat sehingga memperlancar proses BAB. Hal ini sangat bermanfaat untuk ibu yang hamil muda atau pun ibu yang baru saja melewati masa persalinan. Perlu diketahui untuk ibu yang baru saja melewati masa persalinan ketka BAB dilarang mengejan agar jahitan tidak robek. Selain untuk ibu hamil, ternyata kurma juga bagus di konsumsi bagi penderita konstipasi sebagai obat pencuci perut. Untuk mencapai efek pencuci perut yang diinginkan cara mengkonsumsinya sedikit berbeda, yaitu dengan merendam kurma dalam air selama satu hari, agar kurma menjadi seperti sirup ketika dikonsumsi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Baik Untuk Merangsang Saraf

Kandungan kalium yang terdapat dalam kurma dapat meningkatkan rangsangan pada saraf. Dengan mengkonsumsi kurma bisa meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat. Manfaat ini sangat baik untuk menutrisi anak dan juga janin yang ada dalam kandungan ibu hamil. Janin akan lebih tanggap dan lebih cerdas kelak setelah lahir. Selain itu di dalam kurma juga mengandung potassium. Potassium adalah salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem saraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak. Untuk itu kurma juga baik di konsumsi oleh orang -orang yang menua dan daya sistem saraf mereka yang menurun.

4. Menguatkan dan Menyehatkan Tulang

Kandungan mineral yang sangat tinggi pada buah kurma menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang. Selain itu untuk bayi juga bagus untuk pertumbuhan tulangnya. Tentu bayi tidak bisa secara langsung menguyah buah kurma. Maka dari itu melalui perantara ASI, jadi untuk ibu yang menyusui juga disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma.

5. Melancarkan Produksi ASI

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, mengkonsumsi buah kurma untuk ibu menyusui dapat membuat ASI menjadi yang berkualitas, kaya akan nutrisi dan vitamin dengan jumlah yang banyak. Karena kurma sangat banyak mengandung zat besi dan kalsium.

6. Membantu Pembentukan Gigi

Kurma mengandung fosfor, kalsium, kalium dan magnesium yang membantu merangsang tumbuhnya gigi pada bayi saat dalam kandungan. Agar anak cepat tumbuh giginya, ibu hamil disarankan memperbanyak mengkonsumsi kurma.

7. Mengecilkan Rahim

Selain mengandung fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Kurma ternyata juga mengandung hormon potuchsin yang memiliki khasiat mengecilkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga dapat membantu mengecilkan rahim setelah persalinan sekaligus mencegah pendarahan rahim.

8. Mengatasi Anemia

Kandungan mineral yang sangat tinggi terutana kandungan gula dalam kurma tidak hanya bisa memulihkan tenaga tetapi  juga dapat mengatasi anemia. Anemia atau kekurangan darah dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dengan menambah asupan gula pada setiap makanan dapat mengatasi gejala anemia yang timbul. Dan juga kandungan zat besi yang sangat tinggi dapat menjadi suplemen diet bagi mereka yang menderita anemia. kandungan zat besi dapat menyeimbangkan  kekurangan zat besi pada penderita anemia, meningkatkan energei dan tenaga, kemudian di saat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.

Itulah manfaat-manfaat pada buah kurma. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan pada kalian mengenai manfaat buah kurma.

In English

Date fruit comes from the middle east and can only grow in hot climates. Although it is possible to grow in tropical climates. Dates have a small form, yet possess a sweet taste of dates. In addition to sweet, dates also has many health benefits. Especially for women who are pregnant and breastfeeding. Want to know anything just does benefit a date. Consider the following article:

Various benefits of a date 
1. Increase Energy

Dates contain glucose very much and good for the body. the fruit of dates contain 1.8 to 2 percent, fiber 2-4% and 50-57% glucose. The content is what makes us able to move and gives a lot of energy in our body. In addition, for a mother who had just finished passing the time of delivery, are suggested to consume a date so that the energy can be recovered quickly.

2. Keeping Digestive Health

The palm fruit is also believed to maintain digestive health, because dates contain fibers that facilitate the process of defecation. This is extremely beneficial for young pregnant mothers or mothers who have just passed the time of delivery. Please note for the mother who just passed the time of delivery when a bowel movement is prohibited straining so seams do not tear. In addition to pregnant women, it is also good in the consumption of dates for people with constipation as a laxative. To achieve the desired cathartic effect consume slightly different way, namely by soaking the dates in water for one day, so that the palm become syrupy when consumed to obtain optimal results.

3. Good To Stimulate Nerves

The content of potassium contained in dates can enhance stimulation of the nerve. By consuming date palm can increase the intelligence of the brain and sharpen memory. This benefit is very good for children and also nourish a fetus in the womb of pregnant women. Fetus will be more responsive and smarter soon after birth. Also in the palm also contains potassium. Potassium is one of the main ingredients in promoting a healthy nervous system and responsive, as well as increasing the speed and alertness of brain activity. The dates are also good for consumption by people who are aging and nervous system of their power decreased.

4. Strengthening and Healthy Bones

The mineral content is very high on a date makes it a super food to strengthen bones and fight osteoporosis. Dates contain selenium, manganese, copper, and magnesium. All are components of growth and bone strength. In addition to the baby is also good for bone growth. Of course the baby can not be directly chewed a date. Therefore through intermediaries breast milk, so for nursing mothers are also advised to consume a date.

5. Smooth milk production

As I have mentioned above, taking a date for nursing mothers can make milk into a quality, rich in nutrients and vitamins in large numbers. Because of dates so much iron and calcium.

6. Establishment of Dental Assisting

Dates contain phosphorus, calcium, potassium and magnesium which help stimulate the growth of teeth in babies in the womb. Fast-growing teeth so that children, pregnant women are advised to consume reproduce dates.

7. Turn down Rahim

In addition to containing phosphorus, potassium, calcium, and magnesium. Dates also contains hormones potuchsin has efficacy shrink blood vessels in the uterus, which can help shrink the uterus after childbirth and prevent uterine bleeding.

8. Overcome Anemia

The mineral content is very high sugar content in the palm terutana not only able to restore power but can also cope with anemia. Anemia or blood deficiency can be caused by many factors. By adding sugar intake at each meal can cope with the symptoms of anemia arising. And also the iron content is very high can be a dietary supplement for those who suffer from anemia. iron content can balance in patients with iron deficiency anemia, increase energei and personnel, then at the same time reduce fatigue and lethargy.

That benefits on a date. Hopefully this article can add to your knowledge about the benefits of date fruit.

0 comments:

Post a Comment